Notification

×

iklan dekstop

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mahasiswa KKN UNIMAL Kelompok 412 Membuat Hand Sanitizer Berbahan Alami

Selasa, 10 November 2020 | November 10, 2020 WIB Last Updated 2020-11-10T13:17:49Z

 



BerawangNews.com, Redelong - Sebagai bentuk perwujutan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pegabdian kepada masyarakat, mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh turut berpartisipasi dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Kampung Jadi Sepakat, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah (10/11/2020).

Ketua Kelompok Ilhamdi Mengatakan kepada media BerawangNews.com ini, Kegiatan tersebut berupa pembuatan hand sanitaizer berbahan alami. Adapun bahan untuk membuatnya adalah jeruk nipis, lidah buaya dan alkohol.

Dimana jeruk nipis yang memiliki daya hambat terhadap pertumbuhan dari baketeri staphylococcus, semakin tinggi konsentrasi air perasan buah jeruk nipis maka akan semakin, Begitu juga dengan tumbuhan lidah buaya, yang digunakan adalah bagian dalamnya, cara pengolahan lidah buaya ini adalah dengan memblending bagian dalamnya hingga halus, selanjutnya disaring agar ampas dan airnya terpisah, lidah buaya ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri gram positif dan gram negatif.

adapun bahan lainnya yang digunakan alkohol 70%, akan dicampur dengan hasil perasan jeruk nipis dan saringan lidah buaya, tentunya alkohol sebagai pembersih sekaligus menetralkan antibakteri yang tertinggal pada kedua tumbuhan.

Ketiga bahan ini mudah didapat disekitar pemukiman penduduk. Hand sanitaizer berfungsi sebagai pengganti pencuci tangan. Upaya ini sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi saat ini.

Tambahnya lagi, Kelompok 412 KKN UNIMAL ini beranggotakan 6 orang yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Teknik, Fisip, dan Hukum dan sebagai DPL nya adalah Bapak Zulpikar, S.pi, M.Si
sebagai DPL dari kelompok 412.

(ES)