Notification

×

iklan dekstop

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Adab Dan Kesopanan Bermasyarakat

Rabu, 01 Juli 2020 | Juli 01, 2020 WIB Last Updated 2020-07-01T15:00:21Z


Oleh : Alfi Syahrin

      Dalam kehidupan sehari-hari kita pastinya tidak pernah lepas dalam kehidupan bermasyarakat, kita selalu membutuhkan bantuan orang lain. dalam hal ini, kita harus baik dengan sesama manusia.

       Adapun hal yang harus kita terapkan dan harus kita teladani,  Menampakkan akhlak yang mulia, Bermanis muka, Memberikan contoh teladan yang baik, Menziarahi orang yang sakit, Menghormati orang tua dan menggembirakan mereka, Berlapang dada dalam masalah khilafiah, Menutup aib kaum muslimin, Menghindarkan untuk tidak bertegur sapa selama tiga hari, Senantiasa memberikan bantuan, Bersedia membimbing golongan jahil, Menjaga pandangan dan kehormatan terhadap kaum wanita, Berazzam (berniat) dan berusaha mencegah kemungkaran,

Selalu berdo’a agar diberi petunjuk Allah swt : ”Ya Allah, berilah hidayah kepada saudara/i ku, sesungguhnya mereka tidak mengetahui ”.


“Sebaik-baik manusia adalah yang paling berguna bagi manusia.” (HR. Ath-Thabarani dan Ad-Daruquthni dan dihasankan oleh Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullahu dalam Shahih Al-Jami’ no. 3289)